Blue Fire Pointer

Jumat, 30 Juni 2017

MANAJEMEN KELAS (MENGELOLA KELAS)

Mengelola Kelas

     Jika membahas tentang belajar, maka pembahasan itu tidak akan jauh dari pada Sekolah dan Kelas. baik itu Universitas atau jenis tempat belajar mengajar manapun, semua akan kembali pada keberadaan kelas yang menjadi wadah utama dalam proses belajar mengajar. Maka di Psikologi Pendidikan, Pengelolaan Kelas menjadi salah satu subjek yang paling di perhatikan. Mengingat keadaan kelas dan peran kelas tak kalah penting dari aspek lainnya dalam PENDIDIKAN.
Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan dan kesempatan pembelajaran murid ke arah yang lebih baik. selama berabad abad, perkembangan pemikiran tentang pengelolaan kelas telah bergerak ke arah yang lebih baik. dimana pandangan lama menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol tindak tanduk murid. Pandangan yang baru memfokuskan pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.

Kelas Padat, Kompleks, dan Berpotensi Kacau


Kelas adalah multidimensional, bahwasanya kelas adalah setting untuk banyak aktivitas.  Aktivitas terjadi secara simultan, yang artinya banyak aktivitas kelas terjadi secara simultan. Hal hal terjadi secara cepat,  mengingat kompleksnya kelas, dapat terjadi berbagai macam hal dalam waktu singkat begitu juga dengan kejadian yang sering kali tidak bisa di prediksi dan hanya ada sedikit privasi di dalam kelas. sehingga, banyak kelas yang memiliki sejarahnya tersendiri dalam artian memiliki kenangan tentang apa yang pernah terjadi di dalam kelas tersebut.
Berikut adalah beberapa hal yang penting dalam sebuah kelas.

 Memulai dengan Benar                                                                                                           yang di maksudkan disini adalah pengelolaan hari hari pertama dan  minggu minggu awal masa sekolah secara cermat dan hati hati.
 Penekanan pada Instruksi dan Suasana Kelas yang Positif                                                              Cara mengembangkan dan      memelihara lingkungan kelas yang positid adalah apa yang akan  mendukung proses  pembelajaran.
  Mendesain Lingkungan Fisik Kelas                                                                             Lingkungan fisik kelas tak boleh di abaikan, terdapat prinsip prinsip kelas yang harus di tekankan.

·         Kurangi kepadatan di tempat lalu lalang
·         Pastikan guru maupun murid dapat salig melihat dengan mudah
·         Materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah di akses
·         Pastikan murid dapat dengan mudah melihat presentasi kelas

             4.   Gaya penataan Kelas
             Dalam memperhatikan lingkungan fisik kelas, penataan kelas seperti tata kursi dan meja di                   kelas juga harus di perhatikan
             5.   Membuat, mengajarkan dan mempertahankan aturan dan prosedur
            Agar dapat berjalan dengan lancar, Kelas perlu aturan dan prosedur yang jelas. Dan semua                   bagian kelas harus menjalankan aturan tersebut sesuai dengan perannya masing masing tanpa             terkecuali.
             6.       Mengajak murid untuk bekerja sama
             Menjalin hubungan positif, membagi tanggung jawab bersama dan memberi hadiah serta                    hukuman pada perilaku yang tepat agar murid ataupun anggota kelas dapat mengikuti kelas                  dengan baik tanpa harus selalu di penuhi dengan larangan dan ketegangan serta hukuman.
            7.       Menjadi Komunikator ; Bagi para pemimpin kelas khususnya guru dan para pembina di
                   harapkan memiliki kemampuan kemampuan keterampilan komunikasi yang baik dalam     
                   mengelola dan memecahkan konflik secara konstruktif.         
            8.       Menghadapi Perilaku bermasalah
             Sekalipun memang tak bisa di pungkiri perilaku bermasalah akan tetap muncul sekalipun                    semua sudah di persiapkan dengan matang, kita semua harus tetap menghadapi masalah                      tersebut denga efekti dan tepat waktu.
            9.       Menghadapi Agresi
            Kekerasan yang selama ini menjadi perhatian keras. Baik antara sesama murid atau murid dan             guru. seperti masalah, kekerasan juga dapat muncul kapan saja dan tetap harus di hadapi.                     Tentu tidak dengan kekerasan juga, melainkan dengan solusi dan jalan keluar yang tenang dan              pemecahan konflik yang tidak merugikan siapapun.

                Semua poin adalah yang terpenting dalam pengelolaan kelas. dimana semuanya akan kembali pada seluruh anggota kelas baik pengarah atau pemimpin sampai anggota kelas yang di sini dimaksudkan kepada murid. Kebijaksaan dan hubungan positif dari seluruh anggota kelas menjadi peran utama dalam menjaga kelas tetap dalam keadaan yang di inginkan. Mengambil pelajaran dari pengalaman sebelum sebelumnya tentang bagaimana kacaunya sebuah kelas akan memberikan gambaran baru dalam menciptakan kelas yang lebih baik.
x

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.